Begini Cara Mencegah Keguguran Saat Hamil Muda Di Trimester Pertama

310 views

Cara Mencegah Keguguran Saat Hamil

Keguguran merupakan hal yang paling ditakuti oleh wanita yang sedang hamil. Keguguran yaitu terjadinya kematian pada bayi ketika masih berada dalam kandungan sebelum dilahirkan. Bagaimana cara mencegah keguguran?

Keguguran umumnya terjadi pada usia sebelum 15-20 mingga masa kehamilan Hal ini diperkirakan 7 dari 12 kasus terkait keguguran yang terjadi pada trimester pertama. Oleh karena itu, cara mencegah keguguran harus sering berkonsultasi dan menjaga kesehatan harus dilakukan secara serius, terutama pada trimester pertama ini.

Cara Mencegah Keguguran,Cara Mencegah Keguguran Saat Hamil Muda

Penyebab pasti keguguran belum dapat diketahui, namun secara umum kita dapat menghindari beberapa faktor pemicu keguguran berikut ini.

Semakin tua usia ibu hamil maka sangat rewan dan dapat meningkatkan resiko keguguran
Masalah kesehatan pada saat kehamilan, seperti adanya terdapat masalah pada plasenta, struktur rahim yang abnormal, leher rahim lemah dan masalah lainnya.

  1. Penyakit kronis yang muncul dan diderita oleh ibu hamil sangat bisa meningkatkan resiko keguguran, seperti diabetes, hipertensi, dan gangguan penyakit lainnya.
  2. Infeksi juga mengakibatkan tingginya angka keguguran
  3. Konsumsi obat-obatan tertentu dapat berefek buruk pada janin
  4. Kebiasaan Merokok, mengonsumsi makanan atau minuman alkohol
  5. Menggunakan atau mengkonsumsi narkotika sangat memperburuk resiko terjadinya keguguran
  6. Mengonsumsi minuman berkafein secara berlebihan
  7. 75% keguguran disebabkan oleh terjadinya keabnormalan pada kromosom bayi.

 

Selain menghindari faktor-faktor pemicu diatas, berikut beberapa tips yang bisa ibu hamil lakukan untuk mencegah keguguran pada trimester pertama.

 

Cara Mencegah Keguguran Dengan Cek Rutin Kehamilan

Lakukan cek kehamilan secara rutin untuk melihat perkembangan kesehatan kehamilan. Konsultasikan pada dokter atau bidan setiap ada keluhan yang muncul. Hal tersebut sangat berguna untuk mengetahui perkembangan kondisi janin sekaligus memeriksa normal tidaknya kesehatan ibu hamil dan menghindari potensi terjangkitnya penyakit yang tidak diinginkan.

 

Cara Mencegah Keguguran Dengan Menghindari Aktivitas Berat Ketika Hamil

Hal penting yang sangat perlu dijaga yaitu jangan sampai ketika masa kehamilan melakukan aktivitas berat, terutama pada usia kehamilan di trimester pertama yang masih rentan.

Hal ini bisa menimbulkan resiko keguguran pada janin. Hindari juga posisi-posisi yang kurang baik saat tidur maupun saat beraktivitas misalnya saat berjongkok atau kegiatan lain yang menyebabkan mengejang.

Lakukan Olahraga Ringan

Kebiasaan olahraga rutin mungkin akan susah dihentikan bagi yang telah terbiasa. Aktifitas olahraga juga masih tetap dapat dilakukan akan tetapi sebaiknya olahragalah yang ringan. Olahraga ringan yang disarankan untuk ibu hamil seperti yoga, berjalan kaki atau berjalan cepat.

Hal tersebut dapat menghindari resiko cedera yang dapat menyebabkan keguguran yang lebih tinggi. Selain itu, ada beberapa olahraga khusus yang memang diperuntukkan bagi ibu hamil.

Rutin Periksa Vaksinasi

Vaksinasi sangat direkomendasikan untuk rutin dilakukan, baik sejak kecil hingga telah dewasa. Infeksi tertentu saat hamil dapat meningkatkan resiko keguguran. Oleh karena itu, ibu hamil dapat melakukan cek darah untuk mengetahui kekebalan tubuh terhadap infeksi tertentu.

 

Cara Mencegah Keguguran Dengan Konsumsi Makanan Sehat

Ketikan masa kehamilan sangat dianjurkan untuk senantiasa mengkonsumsi makanan sehat. Karena tidak hanya tubuh ibu hamil saja yang harus dicukupi asupan nutrisinya, namun juga nutrisi untuk janin dalam kandungan.

Oleh karena itu, mengkonsumsi makanan sehat terutama yang banyak mangandung asam float sangat penting dan disarankan. Zat Asam float berguna untuk membantu mengatasi terjadinya kelainan pada kromosom yang dapat menimbulkan keguguran atau bayi cacat lahir.

Sebaliknya, sangat disarankan untuk menghindari mengkonsumsi makanan mengandung banyak kadar lemak jenuh, dan juga makanan yang masih setengah matang atau mentah.

 

Cara Mencegah Keguguran Dengan Menghindari Obat-obatan dan Kafein

Obat-obatan sangat tidak disarankan dikonsumsi ketika masa kehamilan, apalagi pada trimester pertama. Konsultasikan dengan dokter atau bidan ahli untuk penggunaan obat yang aman untuk digunakan saat ibu hamil.

Selain itu, Hindari rokok karena sangat berbahaya bagi ibu hamil. Baik itu sebagai perokok aktif maupun sebagai perokok pasif. Kandungan racun yang ada pada rokok dan juga pada asap rokok akan menyebabkan resiko keguguran semakin besar.

Begitu juga resiko dari kebiasaan mengkonsumsi minuman atau makanan yang beralkohol. Sedangkan untuk mimunan yang memiliki kandungan kafein seperti kopi, harus sangat dibatasi akan lebih baik jika tidak dikonsumsi.

Bagi ibu yang sangat menyukai minum kopi, usahakan minum kopi maksimal tidak lebih dari satu cangkir dalam sehari. Baca Juga : Ini Bahaya Minum Kopi Bagi Wanita Yang Sedang Hamil Dan Haid

 

Cara Mencegah Keguguran Dengan Istirahat Cukup

Istirahat dengan cukup bukan hanya mengistirahatkan fisik semata namun juga merefresh psikis. Tidurlah dalam waktu yang cukup setiap hari, setidaknya 7-9 jam perhari. Kelola juga pikiran sehingga tidak mengalami stres.

Menjaga kondisi kesehatan pada kehamilan khususnya pada kehamilan di trimester pertama sangat disarankan untuk meminimalisir resiko terjadinya keguguran.

Tidak ada cara pasti menghindari terjadinya keguguran akan tetapi dengan melakukanpola hidup sehat serta hati-hati, Dan senantiasa menjaga kesehatan kandungan maka faktor resiko terjadnya keguguran akan dapat diminimalisir sekecil mungkin.

 

Pencarian Terkait Artikel “Cara Mencegah Keguguran Saat Hamil Muda Di Trimester Pertama” :

  • Cara Mencegah Keguguran Berulang
  • Makanan Sehat Untuk Mencegah Keguguran
  • Obat Mencegah Keguguran
  • Cara Mengatasi Keguguran
  • Agar Janin Kuat Di Awal Kehamilan
  • Menjepit Leher Rahim Untuk Mencegah Keguguran
  • Ciri Ciri Rahim Kuat
  • Cara Menjaga Kehamilan Bulan Pertama