Jangan Keliru, Ini Perbedaan Tanda Hamil Muda Pada Wanita dan Ciri-Ciri Awal Menstruasi

Perbedaan Tanda Hamil Muda dan Ciri Ciri Awal Haid

Tanda Hamil

Ciri Ciri akan menjelang haid (PMS) dan tanda hamil muda sering kali samar, karen kedua hal itu baik Tanda Hamil Muda ataupun tanda tanda akan haid memang sangat mirip sekali. Kebanyakan kaum wanita masih sering kesulitan membedakan gejalanya, apakah tanda hamil muda atau hanya ciri ciri awal haid (menstruasi). Mulai dari perubahan mood, perubahan payudara yang mengencang sampai adanya kram pada bagian perut. Bagi kaum wanita memang tidak bisa dipungkiri banyak yang merasa bingung membedakannya.

Untuk mengetahui lebih jelas dan detail perbedaan antara tanda hamil muda dengan ciri ciri awal haid. Simak artikel ini sampai selesai. Akan tetapi perlu ditekankan sebelumnya, Bahwa setiap wanita memiliki ciri, tanda dan gejala yang bervariasi. Sehingga tidak semua yang dirasakan wanita itu selalu sama.

 

1. Tanda Hamil Muda dan Ciri ciri Awal Haid (PMS) Pada Payudara

Untuk membedakan antara tanda hamil muda dan ciri menjelang menstruasi bisa dirasakan pada payudara. Nyeri pada payudara berlangsung lama merupakan tanda hamil. Bagian tersebut akan sangat sensitif dan terasa keras saat di pegang (disentuh).

Kedua payudara akan terasa lebih berisi, lebih padan dan berat. hal ini sangat normal terjadi sebagai tanda hamil muda atau akan memasuki masa awal kehamilan. Perubahan tersebut dikarenakan adanya peningkatan pada hormon progesteron. Progesteron ini merupakan hormon utama yang mensuplai nutrisi ke bagian dada (payud@ra).

Perubahan tersebut juga terjadi saat menjelang menstruasi. Namun pada ciri awal masa haid tidaklah terlalu lama jika dibandingkan tanda hamil muda. Tandanya nya mungkin saja mirip dengan tanda hamil, namun jika dirasakan perubahan pada payudara akan terasa pada bagian-bagian sisi terluarnya saja. Jika rasa nyeri, semakin berisi dan berat pada payudara terasa pada sisi-sisinya, itu berarti anda sedang memasuki masa menjelang menstruasi (PMS). Hal ini lebih sering dikenal dengan sindrom PMS.

 

2. Ciri dan Tanda Menjelang Menstruasi Adanya Kram Pada Perut

Pada saat masa PMS bagian perut sering mengalami kram, dan hal ini berlangsung cukup lama. biasanya akan terjadi pada satu atau dua hari menjelang haid. Hal ini dinamakan juga dismenore (terjadinya kejang otot atau kram selama 1-2 hari pada bagian otot rahim sebelum haid).

Kram (Kejang otot) ini pun bisa terasa saat masa implantasi embrio (masa menjelang awal kehamilan/ pembuahan). Pada saat menjelang datang bulan biasanya kram pada perut akan terasa sangat sakit, sering terasa seperti perut yang sedang di peras, tidak jarang dibarengi juga dengan nyeri punggung. Namun proses alamiah menjelang haid ini akan berangsur hilang hingga siklus haid selesai.

Berbeda dengan tanda hamil muda, Kram yang terjadi akibat pembuahan (implantasi embrio) akan terasa lebih ringan. Pada umumnya rasa nyeri yang menjadi ciri awal kehamilan atau tanda hamil muda terasa pada bagian tertentu.

Misalnya ketika proses pembuahan terjadi pada bagian sebelah kanan rahim, maka rasa nyeri itu akan terpusat di bagian tersebut. Dan Hal ini tidak berlangsung lama, dan dibarengi dengan adanya bercak darah. Umumnya kram hanya terjadi beberapa jam.

Namun demikian hal ini tidak selalu terjadi pada semua wanita. Kesimpulan sederhananya, jika kram pada perut terjadi lebih dari satu hari itu tandanya anda sedang memasuki masa PMS.

 

3. Tanda Awal Hamil Adanya Bercak atau Pendarahan Ringan

Ketika keluar bercak darah ringan ini menjadi pertanda awal kehamilan. Namun biasanya kaum wanita lebih menduga bahwa bercak tersebut merupakan tanda akan haid. Padahal bercak tersebut terjadi karena adanya proses implantasi pembuahan, sering dikenal juga dengan sebutan pendarahan implantasi.

Pendarahan Implantasi ini biasanya akan terjadi 5 hari sampai 1 minggu sebelum masa haid. Hal ini secara medis menunjukan adanya proses pembuahan yang sedang berlangsung. Bercak akan terlihat hanya beberapa tetes, dengan warna kekuningan atau hampir kecoklatan.

Baca Juga : Cara Mengobati Keputihan Saat Hamil Muda

Dan intensitas terjadinya hanya beberapa jam. Dalam beberapa kasus ada juga yang mengalami keluar bercak hingga 1-2 hari, namun ini jarang terjadi kecuali adanya alasan kesehatan secara medis. Pendarahan tidak berlangsung lama, jika pendarahan terjadi hinga 4-6 hari ini merupakan hal yang tidak normal.

Sangat berbeda dengan ciri awal menjelang masa haid (PMS). Anda tidak akan mengalami keluar bercak pendarahan ringan. Namun ketika sudah datang bulan, aliran darah akan terasa lebih banyak dan berat, hingga seminggu kemudian.

 

4. “NGIDAM” dan Morning Sickness Tanda Hamil Muda

Hampir semua wanita yang pernah hamil mengalami “ngidam”, walaupun ada beberapa wanita yang biasa saja saat hamil (tidak ngidam sama sekali).  Secara medis tidak ada fakta ilmiah yang akurat mengenai “ngidam” ini.

Namun berdasarkan banyak teori mengatakan hal ini bisa saja terjadi karena saat hamil kebutuhan nutrisi ibu hamil semakin meningkat. Bahkan akan sangat berbahaya bagi janin atau calon bayi jika ibu hamil mengalami kekurangan nutrisi.

Misalnya saja saat hamil tiba2 ingin makan buah buahan tertentu. atau daging dagingan. Hal ini bisa saja mengindikasikan bahwa adanya kekurangan asupan nutrisi seperti kalium, protein dan sebagainya. Karena hal itu sehingga ibu hamil menginginkan makanan tertentu. Jadi sebetulnya bukan faktor makanannya, melainkan nutirisi pada makanan tersebut. Ngidam menjadi salah satu tanda hamil muda

Selain itu ciri dan tanda hamil muda adalah mengalami pusing, muntah dan mual hebat setiap pagi hari, atau lebih umum dikenal dengan sebutan “morning sickness”. Morning sickness juga bisa menjadi pertanda apakah anda hamil anak perempuan atau hamil anak laki-laki, tergantung dari gejalanya. Baca Selengkapnya di : Ciri Hamil Anak Perempuan dan Laki laki

Sangat berbeda sekali dengan tanda memasuki masa menstruasi. Anda tidak akan mengalami sindrom morning sickness walaupun mungkin saja merasakan mual ataupun pusing. Pusing atau mual yang terjadi pada masa menjelang haid dikarenakan adanya faktor “kurang darah”

 

5. Sakit Punggung Bukanlah Tanda Hamil Muda

Banyak wanita yang sering mengeluhkan sakit punggu ketika sebelum haid. Ketika anda merasakan hal itu pada waktu mendekati masa mentruasi (PMS) itu bukanlah pertanda akan hamil. Melainkan anda akan memasuki fase datang bulan (haid).

Karena nyeri pungggung yang menjadi tanda hamil bukan terjadi pada awal menjelang kehamilan, melainkan terjadi setelah beberapa bulan saat hamil. Biasanya sakit punggung ini terasa ketika sudah memasuki trimester kedua.

Baca Juga : Program dan Cara Hamil Anak Laki-laki dan Perempuan Kembar

 

6. Telat Haid Belum Tentu Tanda Hamil

Tanda hamil memang selalu dihubungkan dengan terlambat menstruasi, namun hal itu belum sepenuhnya akurat. Masih ada kemungkinan bahwa siklus menstruasi anda sedang berubah atau terganggu. Anda tinggal memperhatikan siklus haid sebelumnya, apakah teratur atau sering mengalami perubahan siklus. Bisa juga telat hait tersebut dikarenakan faktor tertentu seperti terlalu banyak pikirian (stress).

Cara paling tepat untuk mengetahui tanda hamil yang akurat adalah melakukan tes kehamilan. Ketika anda sudah melewati masa haid namun belum juga datang bulan, alangkah baiknya anda melakukan tes kehamilan di rumah dengan menggunakan tespek. Jika memang hasilnya negatif tapi belum juga haid, segeralah konsultasikan ke bidan atau dokter ahli.

Namun jika setelah di tespek hasilnya positif, anda tinggal mempersiapkan diri untuk lebih menjaga kesehatan. Terlebih pada saat hamil muda, anda harus lebih memahami makanan apa saja yang harus dihindari saat hamil muda dan sebagainya. Itulah penjelasan sederhana mengenai tanda hamil muda, dan ciri ciri menjelang masa haid. Semoga bermanfaat.

Incoming search terms: