Ciri, Bahaya, Gejala Dan Penyebab Kista Pada Wanita

Penyebab Kista Pada Wanita

Seperti apa tanda, bahaya dan penyebab kista pada wanita? apa saja yang harus dilakukan untuk mengetahui adanya gejala dan penyebab kista pada wanita sekaligus mencegah dan mengobatinya. 

Berdasarkan survei medis penyakit kista ini telah banyak menyebabkan kematian pada wanita terutama pada wanita yang telah memasuki usia kematangan seksual.

Untuk menghindari gejala dan bahaya kista yang ditimbulkan kita harus senantiasa melakukan pencegahan dan diawali dengan mengetahui apa saja ciri tanda bahaya dan gejala pada penyakit kista.

Baca Juga : Apa Penyebab, Bahaya Dan Cara Mengobati Kista Bartholin Pada Wanita

Penyebab Kista Pada Wanita

Gejala dan Penyebab Kista Pada Wanita

Adapun gejala dan penyebab kista pada wanita yang umum terjadi pada wanita diantaranya:

– Penyakit kista lebih sering disebabkan karena adanya kegagalan folikel atau kantung telur yang ber ovulasi

Pada siklus reproduksi satu kantung telur akan mengalami ovulasi pada setiap bulannya. Ini juga masuk dalam siklus menstruasi. Pada folikel yang tidak dibuahi akan mengalami degenerasi dan akan hilang dengan sendirinya. Hal ini merupakan proses yang normal.

Namun Adakalanya folikel ini mengalami kegagalan dalam ovulasi sehingga mengeluarkan indung telur. Jika hal ini sering terjadi dalam waktu yang lama berpotensi menimbulkan penyakit kista.

– Penyebab Kista Pada Wanita juga bisa dipengaruhi adanya faktor turunan atau genetik.

Orang tua Anda atau ibu memiliki riwayat kesehatan pernah menderita penyakit kista besar kemungkinan dapat menularkan bibit kista tersebut secara genetik.

Pola dan situs menstruasi tidak beraturan, dan hal ini sering terjadi maka akan berefek pada ketidakseimbangan hormonal. Pada kasus ini siklus mens yang tidak lancar akan menyebabkan penimbunan kotoran yang menjadi sumber kuman maksud dari sehingga potensi munculnya penyakit kista akan semakin besar.

– Penyebab Kista Pada Wanita juga dapat diakibatkan oleh makanan yang tidak sehat.

Makanan yang tidak sehat dan tidak seimbang terisinya cenderung mempengaruhi kesehatan tubuh. Apalagi jika makanan yang dikonsumsi mengandung banyak lemak yang berlebihan. Zat lemak tidak diproses dan dicerna secara sempurna pada proses metabolisme tubuh.

Menimbulkan hormon testosteron yang sangat berlebihan. Hal ini lah yang dapat memicu munculnya penyakit kista. Bagi wanita mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak bukan hanya dapat menimbulkan kegemukan akan tetapi dapat menimbulkan bahaya kista.

Penyebab Kista Pada Wanita

Baca Juga : Tanda Dan Ciri-ciri Kista Ovarium Yang Ganas Dan Ukuran Kista Yang Berbahaya Bagi Wanita

– Penyebab Kista Pada Wanita bisa disebabkan oleh munculnya menstruasi pada usia dini.

Biasanya menstruasi usia dini ini terjadi pada wanita remaja yang berusia sekitar 12 tahun atau sebelumnya. Hal ini justru akan menimbulkan efek munculnya penyakit kista.

– Penyebab Kista Pada Wanita Karena Adanya Infertilitas

Infertilitas adalah proses gagalnya kehamilan. Pada wanita yang telah mengalami hubungan intim selama lebih dari 1 tahun. Dengan interval dan intensitas hubungan 3 sampai 4 kali dalam 1 minggu. Dan tanpa menggunakan kB atau alat kontrasepsi lainnya. Jika mengalami hal ini besar kemungkinan akan menimbulkan gejala penyakit kista.

– Penggunaan Alat Kontrasepsi Oral

Kegunaan alat kontrasepsi oral dalam jangka panjang dan tidak beraturan ketidakseimbangan hormonal. Biasanya pada pengguna pil KB. Ketidakseimbangan hormonal ini bisa dipicu karena adanya faktor tidak cocok pada penggunaan pil KB tersebut.

Atau bisa juga disebabkan oleh penggunaan yang tidak teratur atau tidak sesuai aturan. Meskipun sebagian besar kista yang ditimbulkan akibat dari penggunaan alat kontrasepsi oral ini merupakan kista yang bersifat jinak akan tetapi tetap memiliki risiko kanker.

Untuk itu jika anda merupakan pengguna alat kontrasepsi oral sebaiknya gunakan secara bijak dan sesuai aturan agar tidak menimbulkan masalah kesehatan terutama mengenai penyakit kista dan sejenisnya.

Gejala dan Penyebab Kista Pada Wanita

Penyakit kista dan gejalanya tidak bisa dilihat secara kasat mata. Karena kista terletak pada ovarium bagian dalam. Namun untuk mengetahui ciri dan gejala kista bisa dilakukan pemeriksaan secara medis. Dan bisa diketahui dengan melihat adanya gejala tertentu diantaranya:

1. Sering merasakan mual dan muntah secara terus menerus dalam jangka waktu tertentu.

2. Terganggunya siklus menstruasi

Mengalami menstruasi yang tidak beraturan setiap bulannya dengan intensitas darah yang keluar berlebih atau tidak normal sangat banyak.

3. Adanya rasa nyeri yang sangat berlebihan ketika masa haid biasanya rasa nyeri ini terjadi pada bagian panggul dan punggung bagian bawah.

4. Adanya rasa nyeri dan sakit yang hebat pada saat melakukan hubungan seksual. Terutama pada bagian panggul.

5. Adanya rasa nyeri pada bagian ketiak menjelang akan menstruasi. Pada beberapa kasus pada wanita yang mengalami rasa sakit yang berlebihan sampai pingsan, karena tidak kuat menahan rasa sakit tersebut.

6. Adanya tekanan pada kandung kemih

Hal ini menyebabkan pula gangguan pada rektum dan kandung kemih sehingga menimbulkan efek susah buang air besar dan susah buang air kecil.

7. Adanya bercak pada sekitar organ kewanitaan

Bercak pada sekitar wilayah vagina ini disebabkan endometrium yang menebal sehingga ada Kontraksi rahim yang terganggu dan hal ini juga menimbulkan Pendarahan yang ringan hingga parah.

8. Benjolan pada kista dalam keadaan lanjut tidak akan bisa diraba.

Pada beberapa kasus, kondisi dan keadaan. Deteksi Penyakit Kista dengan meraba atau menyentuhnya akan sulit dilakukan.  Sehingga mutlak harus dilakukan pengecekan menggunakan alat medis seperti USG dan lainya.

 

Hal yang harus diwaspadai dari bahaya dan gejala kista

Jika anda mengalami gejala tertentu atau keadaan seperti di bawah ini sebaiknya segera melakukan pemeriksaan secara medis. Agar Penyakit kista bisa diobati diatasi dengan cara yang tepat. Gejala tersebut antara lain:

1. Tiba-tiba mengalami rasa nyeri yang hebat pada bagian perut dan panggul, disertai dengan demam dan muntah-muntah.

2. Mengalami gejala kejutan kulit dingin, berkeringat, sesak napas, yang seolah melayang dan merasa sangat lemas.

Dua hal tersebut merupakan kondisi darurat yang harus diwaspadai. Dengan mengetahui ciri-ciri, bahaya, gejala dan Penyebab Kista Pada Wanita.

Tentunya kita dapat mengambil langkah yang tepat untuk mencegah munculnya penyakit kista. Dan jika sudah terlanjur terkena penyakit kista anda akan lebih bisa mengambil cara yang tepat untuk mengatasi seklaigus mengobati penyakit kista tersebut.