Tanda Dan Ciri-ciri Kista Ovarium Yang Ganas Dan Ukuran Kista Yang Berbahaya Bagi Wanita

Ciri-ciri Kista Ovarium

Ciri-ciri Kista Ovarium – Bahaya Kista Ovarium Bisa Mengakibatkan Kemandulan Hingga Kematian. Seperti apa Kista Ovarium itu? Pada tulisan kali ini akan membahas tentang tanda-tanda dan Ciri-ciri Kista Ovarium dan ukuran kista yang berbahaya. Kista ovarium sebenarnya adalah jaringan yang harusnya berada dalam rahim dan tumbuh pada tempat lain di sekitar ovarium dan saluran indung telur.

Ciri-ciri Kista Ovarium

Tanda dan Ciri-ciri semua jenis kista dapat diketahui dari berbagai hal. Termasuk pada kista ovarium, bisa dilihat berbagai cirinya dari pemeriksaan medis maupun dengan mengamati gejala yang muncul pada tubuh. Agar tidak meyesal dikemudian hari, Pendeteksian ciri-ciri kista ovarium harus dilakukan sedini mungkin.

Biasanya kista yang sudah parah akan diobati dengan cara operasi pengangkatan kista. Akan tetapi jika kista ovarium belum parah pengobatannya bisa dilakukan dengan cara alami.

Salah satu proses terapi pengobatan kista yang alami dapat dilakukan dengan mengkonsumsi buah tertentu yang banyak mengandung zat likopen misalnya buah tomat.

Buah tomat banyak mengandung zat likopen yang berkhasiat membunuh sel kista hingga 85%. Selain itu juga zat likopen ini bermanfaat untuk mengurangi aktivitas sel tumor dan mencegah penuaan dini.

Ciri-ciri Kista Ovarium Ganas dan Ukuran Kista Yang Berbahaya Bagi Wanita

Dari tingkat keganasannya jenis penyakit kista ini dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu kista non-neoplastik dan kista neoplastik.

Baca Juga : Apa Penyebab, Bahaya Dan Cara Mengobati Kista Bartholin Pada Wanita?

Penyakit kista dengan jenis neoplastik ini memiliki sifat jinak dan tidak berbahaya. Pada kista ini biasanya akan mengecil dengan sendirinya tanpa harus diobati. Dalam waktu sekitar 2-4 bulan kista neoplastik ini akan mengecil dengan sendirinya.

Ciri-ciri Kista Ovarium Yang Ganas dan Berbahaya

Bagaimana cara mengetahui ukuran kista dan seberapa bahaya kista tersebut? Untuk mengetahuinya ada beberapa cara yang bisa kita lakukan. Hal ini juga bisa disebut sebagai pendeteksi awal kanker.
Keadaan monopouse yang berpotensi lebih tinggi memiliki kista biasanya memiliki sifat dan karakter ke arah kanker. Keadaan ini sering terjadi pada wanita yang sudah berusia 50 tahun ke atas.

Pada sebuah tes darah c125 kadar darah pada penderita kista ovarium tersebut biasanya terbilang tinggi jika kadar ca-125 maka kista tersebut memiliki sifat kanker dan akan memicu tumbuhnya kanker.

Dalam hal ini wanita juga memiliki potensi terkena kista ketika menstruasi maupun saat hamil. Namun biasanya jika wanita memiliki kista saat hamil akan terkikis dengan sendirinya pada saat proses melahirkan sehingga kista bisa sembuh dengan sendirinya.

Pemeriksaan USG bisa digunakan untuk mendeteksi berbagai jenis dan ukuran pada kista namun hal ini tidaklah 100% efektif. Setelah pemeriksaan medis dinyatakan positif terdapat kista sebaiknya segera dilakukan pengobatan yang tepat agar kita tidak semakin besar dan semakin sulit diobati.

 

Ciri-ciri Kista Ovarium, Bahaya Penyakit Kista Pada Wanita

Ciri-ciri Ovarium Yang Ganas

Kista ovarium masalah kesehatan organ kewanitaan yang ditakuti banyak wanita karena kista ovarium ini sangat mungkin berpotensi menimbulkan kanker yang ganas seperti kanker serviks.

Secara medis kista ovarium adalah termasuk jenis tumor jinak yang tidak terlalu berbahaya namun perlu segera ditangani. Jika tidak segera ditangani kista ovarium ini akan membesar dan berpotensi komplikasi. Sehingga menimbulkan keluhan kesehatan lain seperti kanker serviks.

Berikut ini beberapa hal yang wajib diketahui mengenai ciri kista ovarium pada wanita. Adapun gejala Ciri-ciri Kista Ovarium sebagai berikut:

– Munculnya rasa tidak nyaman pada bagian perut sebelah bawah tepatnya di bawah pusar.
Rasa tidak nyaman ini muncul akibat adanya benjolan dari gejala kista ovarium tersebut. Pada beberapa kasus benjolan ini bukan hanya menimbulkan rasa tidak nyaman namun juga menimbulkan rasa nyeri atau sakit pada bagian perut sebelah bawah.

– Adanya benjolan pada perut
Benjolan kista ovarium ini semakin besar jika tidak diatasi untuk benjolan ini akan terasa kenyal dan lembut ketika diraba.

Baca Juga : Cara Deteksi Kista Dari Darah Haid

– Kista ovarium dipengaruhi oleh hormon
Kadar hormon progesteron dan estrogen sangat mempengaruhi keberadaan kista ovarium ini. Kedua hormon ini dihasilkan untuk proses reproduksi. Dan sangat berhubungan dengan proses siklus menstruasi.

Jika pada hormon tersebut mengalami ketidakseimbangan. Maka akan sangat berpotensi menimbulkan berbagai jenis gangguan kesehatan seperti miom dan kista. Salah satu pemicu munculnya kista ovarium dipengaruhi oleh hormon esterogen dan progesteron ini.

– Kista ovarium bisa dengan mudah dideteksi melalui USG
Benjolan dan gejala pada kista ovarium bisa dideteksi dengan melakukan pemeriksaan USG. Untuk itu melakukan pemeriksaan kesehatan menggunakan USG bisa sangat efektif untuk mencegah timbulnya kista.

 

Efek Buruk Kista Ovarium Pada Wanita

– Kista ovarium dapat menyebabkan gangguan dan gejala kesehatan pada pencernaan
Posisi dan letak kista ovarium pada bagian bawah perut. Sehingga hal ini dapat mengganggu kantong usus besar. Hal tersebut tentunya menimbulkan gangguan pada pencernaan seperti sembelit. Jika kista ovarium ini semakin membesar akan merusak pula bagian usus lainnya.

– Kista ovarium dapat menimbulkan kerusakan dan gangguan pada organ kemih
Seperti dijelaskan bahwa kista ovarium ini juga semakin membesar akan merusak dan mengganggu organ lain. Diantaranya pada organ kemih. Dan hal itu akan menyebabkan buang air kecil tidak lancar. Tentunya jika dibiarkan akan menimbulkan komplikasi penyakit lain.

– Kista ovarium merusak siklus menstruasi
Adanya kista ovarium sangat mengganggu kesehatan reproduksi wanita dan dapat siklus menstruasi menjadi tidak teratur.

Pada dasarnya kista ovarium pun terbentuk dikarenakan adanya sel telur yang sehat yang seharusnya lurus dan keluar terbuang saat haid namun tetap tertahan pada indung telur hal inilah yang menjadi awal terbentuknya kista ovarium dengan kata lain kotoran yang dibawa dari darah haid tidak terbuang.

– Kista ovarium bisa muncul pada semua usia
Kista ovarium tidak hanya muncul pada wanita dewasa atau yang telah memasuki masa menopause walaupun pada wanita dewasa lebih sangat berpotensi. Akan tetapi kista ovarium ini juga bisa muncul pada wanita usia remaja. Untuk itu harus senantiasa diwaspadai keberadaan.

– Kista ovarium bisa menimbulkan pendarahan
Keberadaan sangat berpotensi menimbulkan komplikasi terlebih pada masalah kesehatan organ reproduksi dan hal ini dapat menyebabkan pendarahan pada organ reproduksi

Itulah beberapa hal mengenai kista ovarium ciri-ciri dan ukuran kista yang berbahaya pada wanita.

Semoga bermanfaat